Daftar Blog Saya

Minggu, 26 Agustus 2018

Nhw4 mendidik dengan kekuatan fitrah

Bissmillaahirahmaanirrohiim..

Makin sini NhW nya makin bikin dugdugsyerrrr...
Setelah kemaren belajar sedikit demi sedikit mengaplikasikan apa2 yang dikerjakan d nhw sebelumnya terutama indikator keprofesionalan.. Sedikit demi sedikit juga saya mulai membenahi menejemen diri yang amburadul...
NhW4 ini challenging beGeTe... Karna di nhw4 ini ternyata mata rantai dari nhw sebelumnya..

Okelahhh bissmillah..

a.  Jurusan ilmunya tetap atau tidak?
Setelah ditelaah lebih jauh.. Jurusan ilmu yang ingin ditekuni yaitu tentang management rumah tangga

b. Indikator2 yang sudah dibuat di NHW#2 sudahkah di print? Indikator sudah ditempel di dinding kamar, dengan adanya indikator tersebjt. Alhamdulillaah menjalani hari semakin terarah. Ada beberapa yang masih harus diistiqomahkan, seperti sholat tahajud dan tilawah 1juz/hari. Untuk week end masih belum 100% no gadget. Untuk jam online masih suka curi2 waktu di selain jam online.


C. Nhw 3 ; aku ingin menjadi full wife dan kedepannya full mom dengan berbagai aktivitas yang produktif, ingin bisa konsisten meminimalisir sampah.. Dengan mengolahnya menjadi sesuatu yang dapat digunakan oleh pribadi ataupun tetangga disekitar. Yang sedang dicoba untuk dilakukan sekarang adalah mengolah sampah dapur menjadi kompos. Dan mengolah dus serta botol2an menjadi hiasan.

D. Untuk bisa menjadi full wife & full mom yang harus dipersiapkan adalah :
1. Niat & tekad yang kuat
2. Terus belajar mengenai ilmu berumah tangga & ilmu parenting
3. Melibatkan suami dalam proses belajar (diskusi min. 15 menit/hari)
4. Self healing agar tetap 'waras'' menjalani aktivitas
5. Menguatkan bonding dengan Alloh agar tetap dalam ketenangan dan kebarokahan. Sholat wajib tepat waktu apabila memungkinkan, sholat sunnah min. 2 waktu/hari, shaum sunnah min. 3x/bln, tilawah 1 juz/hari
6. Menguatkan bonding dengan keluarga, weTime (olahraga bareng min.2 minggu sekali, masak bareng min. Seminggu sekali, deep talk min 20menit/hari, no gadgets on sunday, piknik bareng min. 2bln sekali, dan hal2 yang bisa menguatkan bonding lainnya.
7. Menguatkan bonding dengan tetangga, mengikuti arisan tetangga, olahraga rutin bareng tetangga, rujak party sebulan sekali, menjadi tetangga yang baik dengan tidak melupakan hak2 tetangga,dan kewajiban sebagai tetangga.

E. Milestones
KM 0 yaitu saat setelah menikah

KM 0-KM 1 :  belajar menjadi istri yang baik, mulai menargetkan sesuatu temtang rumah tangga seperti bulan 1 sudah bisa masak masakan tertentu dan kudapan tertentu, bulan berikutnya menu &  kudapan yang berbeda, dan seterusnya. Mengikuti cooking class, beauty class, management hati, Belajar mengatur keuangan di keluarga (mulai membukukannya, menuliskan pemasukan dan pengeluaran serta mencatas skala prioritas), mengikuti seminar atau kajian tentang pernikahan, baca buku tentang adab berumahtangga,

KM 2-KM 3 : promil ke obgyn, mengikuti kelas matrikulasi, mulai belajar mengolah sampah rumah tangga dan hasilnya bisa dinikmati oleh tetangga, berkebun, membaca buku tentang parenting, mencoba meningkatkan kesadaran akan pentingnya berolahraga di kalangan ibu2 tetangga disekitar rumah, mencoba meningkatkan kesadaran peduli sampah dikalangan ibu2 tetangga disekitar rumah.
KM 3-4 : mengikuti program bunda sayang dan mengaplikasikannya. Mempunyai rumah belajar untuk para ibu2, mempunyai screening house untuk berkebun.

F. Di NhW2 sudah dicantumkan, tinggal konsisten dalam men-checklist-nya.

G.  Bismillaah.. InsyaAlloh mulai hari ini.. Akan kulakukan sedikit demi sedikit indikator sehingga akan terbentuk pribadi yang profesional, istri yang profesional, ibu yang profesional dan tetangga yang profesional. Menjadi insan yang bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar