Daftar Blog Saya

Rabu, 01 Mei 2013

perokok konyol

Tadi sebelum maghrib aye keluar bentar. Diniatin silaturahim sama beberapa penjaga warung (lumrahnya disebut pergi jajan). Diawali dengan berkunjung ke arofah (bukan padang arofah, tapi toko buku arofah ) untuk membeli madu kemudian lanjut beli makan di warteg.

Nah, di warteg ini dimulai cerita sesuai judul tulisan ini (loh, jadi paragraf di atas cuma intro.. *gubrak). Ceritanye pas sampe wateg hujan deres. Aye sih emang gak berencana makan di sana karena udah mau masuk waktu shalat, jadi udah diputuskan buat bungkus aje nasinya, tapi dengan perlindungan double kresek agar tak tembus air.



Berdiri di depan warteg sambil menatap ke langit kelabu (kayak sajak), aye dikagetkan dengan kepulan asap putih yang membumbung ke atas. Waktu tengok ke samping.. Buset! ternyata rokok berdiri (eh, maksudnya orang merokok sambil berdiri).
Di mata, benak dan pikiran aye tuh perokok kurang cerdas. Bukan karena dia merokok disamping orang yg cerdas, tapi karena dia merokok dalam kondisi hujan dan itu bahaya. Aye gak bakal ngebahas teori kimianya, karena gak ngerti juga.

Inilah puncak kekurang cerdasannya. Jadi si perokok kurang cerdas mau nyebrang jalan dalam kondisi hujan deras. Sementara aye masih berdiri mematung. Dia bersiap-siap, langkah diayunn daaan… Kemudian menyebrang lah dia dengan rusuh. Belum sampai 3 langkah, dia kemudian balik lagi berdiri disamping aye.
Bukan karena dia lupa pamitan sama aye tapi apa coba.. Coba apa.. ayo kenapa?? Ternyata si perokok kurang cerdas nyebrang dalam kondisi hujan deras sambil merokok. Dan yang terjadi berikutnya adalah rokoknya basah. Dasar kurang cerdas. Dia gak sadar kalo dia ngerokok itu pake api dan api bakal mati kalo kena air dan hujan adalah air yang menguap ke udara. Air-air tersebut umumnya mengalami proses penguapan atau evaporasi akibat terkena panas matahari. Air yang menguap / menjadi uap melayang ke udara dan akhirnya terus bergerak menuju awan yang tinggi bersama uap-uap air yang lain. Di awan yang tinggi uap tersebut mengalami proses pemadatan atau kondensasi sehingga membentuk awan. Dengan bantuan angin awan-awan tersebut dapat bergerak kesana-kemari baik vertikal, horizontal dan diagonal.
Akibat angin atau udara yang bergerak pula awan-awan saling bertemu dan membesar menuju langit / atmosfir bumi yang suhunya rendah atau dingin dan akhirnya membentuk butiran air. Karena berat dan tidak mampu ditopang angin akhirnya butiran-butiran air tersebut jatuh ke permukaan bumi (proses presipitasi). :p

Bener-bener membuat aye tambah yakin kalo perokok itu kurang cerdas. Itu kan teori IPA kelas 3 SD.
Jadi intinya adalah jangan merokok deket aye, apalagi kalo kondisi hujan. Karena kalian akan terlihat kurang cerdas di mata aye.
khasnya bang uji :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar